Buat Kamu Yang Masih Pelajar Sudah Ingin Memulai Bisnis, Ada 9 Hal Yang Perlu Kamu Ketahui – Membentuk suatu karakter bisnis, untuk diingat oleh pembeli.
Menu Close

Buat Kamu Yang Masih Pelajar Sudah Ingin Memulai Bisnis, Ada 9 Hal Yang Perlu Kamu Ketahui

Memang cukup sulit untuk menjalankan bisnis ini, karena biasanya kaum muda masih suka untuk nongkrong dengan teman-temannya. Sebagai contohnya, sneakers sempat menjadi pattern hangat di kalangan anak muda. Orang dewasa tidak memaksimalkan kesempatan ini karena takut trend ini cepat hilang ditelan waktu.

Teman-teman terdekatmu merupakan target market yang paling dekat dan potensial. Cari tahu apa yang sedang tren sekaligus juga dibutuhkan oleh mereka. Selama barang yang kamu tawarkan benar-benar mereka butuhkan dan pas di kantong, mereka bakalan tidak ragu untuk membelinya. Omsetnya pun kini telah mencapai puluhan milyar perbulan dari bisnis keripik ini. Yuk, baca kumpulan kata-kata motivasi lainnya dengan mengklik tautan ini. Untuk menambah semangat menggapai impian saat masih muda, kamu bisa membaca kata-kata motivasi.

Memulai bisnis pada usia muda

Perlu digaris bawahi bahwa cara menjadi pengusaha sukses memang gak pernah ada yang instan. Sebagian dari mereka bahkan pernah merasakan bangkrut, tapi mereka justru tetap sabar dan gak kapok dalam berbisnis. Sebelum usia 30 tahun, kita masih cenderung berfikir bahwa hidup ini tidak ada habisnya. Kita punya banyak waktu untuk mencoba, gagal, lalu mencoba lagi, hingga mencapai kesuksesan. Momen keluasan waktu ini harus kamu tangkap dengan baik, agar tidak menyesal di hari tua. Baik itu bisnis yang berasal dari orang tua, maupun mulai menjalankan bisnis.

Adapun bisnis rumahan dipilih masyarakat karena cenderung tak membutuhkan modal besar. Namun, lantaran sekarang sedang pandemi, tantangannya jadi lebih besar. Banyak orang beranggapan bahwa memulai investasi itu harus dengan modal yang besar, namun kini tidak demikian. Hanya bermodalkan uang Rp 50 ribu saja Anda sudah bisa mengawali modal pembukaan rekening.

Karena bukan berarti dalam membangun bisnis, pelaku usaha harus selalu mengeluarkan seluruh isi tabungan dan nantinya tidak bisa membangun bisnis kalau tidak memiliki banyak uang. Meskipun belum berhasil, namun memiliki bisnis sendiri merupakan kebanggaan tersendiri bagi pengusaha muda. Dipastikan merasakan kesenangan dan masih dalam tahap mengejar impiannya. Karenanya, boleh-boleh saja jika kamu menggandeng mitra atau partner untuk memulai usahamu. Bisa dari teman, kenalan di kampus, atau memang kamu cari orang dari kalangan yang tidak dikenal yang memiliki kompetensi sesuai dengan kebutuhan usahamu.

Tanyakan semua hal yang Kamu kurang pahami, tentunya dengan masih dalam ranah bisnis ekspor. Cari juga situs-situs di internet yang khusus membahas mengenai bisnis ekspor, Kamu bisa juga mengajukan pertanyaan di situs tersebut. Atau, Kamu bisa bergabung dengan kelompok atau komunitas bisnis ekspor untuk bisa belajar dan bertanya lebih dalam lagi tentang bisnis ekspor. Maya Penn mendirikan Maya’s Ideas pada tahun 2008 ketika baru berusia eight tahun.

Selain itu, cari juga negara tujuan ekspor mana yang paling banyak memesan produk tersebut. Kamu juga harus pintar-pintar dalam menjalin komunikasi dengan pihak konsumen. Hal tersebut akan menjadi patokan apakah Kamu akan bisa menjual produk Kamu pada konsumen tersebut atau tidak.

Layanan terhadap pelanggan menjadi faktor penting untuk kemajuan bisnis. Baik itu secara offline atau online, usahakan untuk memberikan pelayanan terbaik pada pembeli, selalu tersenyum dan hangat. Jangan cuma berbisnis karena ikut-ikutan tren yang ada dengan bayangan keuntungan yang menggiurkan.